Nuralim, Muhammad (2025) S T R A T E G I P E M A S A R A N S E K O L A H D A L AM MENINGKATKAN MINAT CALON SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Muh.Nuralim]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/other.png)
Download (0B)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Strategi Pemasaran Sekolah dalam
Meningkatkan Minat Calon Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat calon siswa baru di SMA Negeri 4 palopo, strategi pemasaran sekolah dalam meningkatkan minat calon siswa baru
di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Palopo, dan faktor internal dan eksternal yang mendukung/menghambat dalam meningkatkan minat calon siswa baru di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 palopo. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan format desain deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu kepala
sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, dan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Palopo. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1), Minat calon siswa baru di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Palopo mengalami penurunan sejak tahun ajaran 2021/2022 sampai tahun 2024/2025. 2), Strategi dalam pemasaran Sekolah
Menengah Atas Negeri 4 Palopo dalam meningkatkan minat calon siswa baru menggunakan bauran pemasaran jasa pendidikan yang dikenal dengan istilah 7P, Product (Produk), Price (harga), Place (tempat), Promotion (promosi), People
(orang), Physical Evidence (bukti fisik), dan Process (Proses). 3), Faktor internal dan eksternal yang mendukung atau menghambat dalam meningkatkan minat calon siswa baru di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Palopo yaitu Faktor internal yang
mendukung antara lain prestasi akademik dan non akademik yang diraih oleh peserta didik, kegiatan ekstrakurikuler yang menarik, serta kualitas guru yang kompeten dan profesional dalam proses pembelajaran, sementara faktor eksternal
yang menjadi hambatan dalam peningkatan minat siswa yaitu penerapan sistem zonasi oleh pemerintah, lokasi sekolah yang kurang strategis, serta perubahan minat masyarakat yang cenderung memilih sekolah dengan popularitas tinggi dan fasilitas yang lebih lengkap.
Kata Kunci: Strategi, Pemasaran Sekolah, Minat Calon Siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.1 Manajemen Organisasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 01:29 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 01:29 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11123 |