Ahnaf, Afif Zaidi (2025) PENERAPAN MEDIA PERMAINAN KOTAK KARTU MISTERI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN FIQIH IBADAH DI SD MUHAMMADIYAH WIWITAN KECAMATAN LAMASI KABUPATEN LUWU. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Afif Zaidi Ahnaf]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/other.png)
Download (0B)
Abstract
Dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar tepatnya pada materi salat menunjukkan bahwa siswa kurang mengusai materi tersebut. Hal ini disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang berbeda-beda dan minim nya penggunaan media pembelajaran dan metode dalam pembelajaran sehingga siswa kurang dalam mengaplikasikan materi tersebut. Berdasarkan fakta dilapangan penggunaan media buku dan metode ceramah saja dapat menyebabkan siswa bosan
serta monoton dan tidak fokusnya siswa terhadap mata pembelajaran yang sedang berlangsung sehingga siswa banyak yang berkeliaran dari bangkunya dan menganggu rekannya yang sedang fokus dalam pembelajaran, oleh karena itu media pembelajaran sangat dibutuhkan guna memberikan materi visual dan pengalaman yang baru kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk penerapan media permainan kotak kartumisteri dalammeningkatkan pemahaman fiqih ibadah di SD Muhammadiyah Wiwitan Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu. Metode peneliti ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan MC Tanggart. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Muhammadiyah Wiwitan yang berjumlah 25 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, analisis data observasi
penerapan media permainan kotak kartu misteri dan analisis data tes pemahaman siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan Penerapan media permainan kotak kartu
misteri dapat meningkatkan pemahaman siswa dan aktivitas siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Hal ini berdasarkan perbedaan data yang ada pada siklus I dan siklus II, adapun rata-rata penerapan media permainan kotak
kartu misteri pada siklus I yaitu 83,13% dan siklus II 91,88%, nilai rata-rata aktivitas siswa di siklus I 80% dan siklus II 90% dan rata-rata hasil tes pemahaman siswa disiklusI 62(44%) dan siklusII 82(80%). Berdasarkan hal tersebut diketahui bahwa penerapan media permainan kotak kartu misteri dapat meningkat aktivitas
siswa dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi fiqih ibadah salat.
Kata Kunci: Media pembelajaran, Kotak Kartu Misteri, Pemahaman Fiqih Ibadah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 207.5 Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 03:01 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 03:01 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11128 |