Magfirah, Magfirah (2025) PENERAPAN STRATEGI MURDER DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XI SMK NEGERI 2 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Magfirah] Other (Skripsi Magfirah)
Download (0B)

Abstract

Skripsi membahas tentang penerapan strategi MURDER dengan memanfaatkan media gamifikasi untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti untuk kelas XI di SMK Negeri 2 Palopo.
Penelitian bertujuan untuk mencapai tiga hal: (1) mengetahui aktivitas peserta didik dan guru terhadap penerapan strategi MURDER dengan memanfaatkan media gamifikasi
pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti; (2) mengetahui respon peserta didik terhadap penerapan strategi MURDER dengan memanfaatkan media gamifikasi pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti; dan (3)
menerapkan strategi MURDER dengan memanfaatkan media gamifikasi dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Jenis penelitan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian terdiri dari 12 peserta didik kelas XI SMK Negeri 2 Palopo. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara,
tes, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas peserta didik dan guru
selama proses pembelajaran mengalami peningkatan setelah strategi MURDER dengan memanfaatkan media gamifikasi, hal tersebut berdasarkan hasil observasi bahwa keterlibatan peserta didik naik dari 65,5% menjadi 95,5%, dan aktivitas guru dari
81,1% menjadi 95,5%; (2) respon peserta didik terhadap penerapan strategi MURDER dengan memanfaatkan media gamifikasi sangat positif, hal tersebut berdasarkan hasil
wawancara bahwa peserta didik merasa pembelajaran menjadi lebih menarik, tidak monoton, dan mendorong peserta didik untuk lebih aktif serta berani dalam menyampaikan pendapat; dan (3) penerapan strategi MURDER dengan memanfaatkan
media gamifikasi terbukti efektif meningkatkan minat belajar peserta didik, hal tersebut berdasarkan peningkatan hasil belajar peserta didik dan uji statistik menghasilkan nilai
Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 (< 0,05), yang mengindikasikan perbedaan signifikan antara minat belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan strategi.

Kata Kunci: Media Gamifikasi, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Strategi MURDER

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 27 Aug 2025 05:58
Last Modified: 27 Aug 2025 05:58
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11131

Actions (login required)

View Item
View Item