Afifah, Nabila (2025) P E N E R A P A N M OD E L E X P E R I E N T IA L L E A R N IN G BERBASIS VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SALAT KELAS VII SMP DATOK SULAIMAN PUTRI PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Nabila Afifah]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/other.png)
Download (0B)
Abstract
Skripsi ini difokuskan pada upaya menambah pemahaman siswa pada materi salat melalui penerapan model pembelajaran Experiential Learning yang dipadukan
dengan media video interaktif dalam mata pelajaran Fikih di SMP Datok Sulaiman Putri Palopo. Tujuan utama dari studi ini yakni akan menilai kegiatan belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan mengevaluasi sejauh mana peningkatan pemahaman siswa kelas VII D terhadap materi salat setelah
menggunakan model pembelajaran Experiential Learning berbasis media video interaktif. Penelitian ini memakai metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup empat tahapan penting, ialah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 26 siswa dari kelas VII D pada tahun ajaran 2024/2025. Untuk memperoleh data yang relevan, peneliti menggunakan beberapa instrumen, antara lain lembar
observasi pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi kegiatan siswa, serta soal tes untuk mengukur pemahaman materi. Teknik pengumpulan data yang dipakai meliputi observasi langsung, pemberian tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil
analisis, penerapan model Experiential Learning berbasis video interaktif menunjukkan hasil yang positif. Aktivitas siswa menunjukkan kemajuan, dari nilai rata-rata 42,33 (kategori baik) pada siklus I menjadi 52,5 (kategori sangat baik)
pada siklus II. Pemahaman siswa terhadap materi salat pun mengalami peningkatan signifikan, dari nilai rata-rata 75,53 dengan ketuntasan 46,15% pada siklus I, menjadi 89,5 dengan tingkat ketuntasan 100% pada siklus II. Secara keseluruhan,
peningkatan pemahaman siswa dari siklus pertama ke siklus kedua mencapai 53,85%.
Kata Kunci: Model Experiential Learning, Pemahaman Materi Salat, Video Interaktif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 06:50 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 06:50 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11141 |