Sadia, Halimatus (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA BERBANTUAN WORDWALL PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUKAMAJU. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Halimatus Sadia]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/other.png)
Download (0B)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengembangan instrumen tes kemampuan kognitif siswa berbantuan wordwall pada materi statistika Kelas VIII SMP negeri 2 Sukamaju. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil akhir instrumen tes
kemampuan kognitif siswa berbantuan wordwall, validitas instrumen tes menurut ahli, validitas dan reliabilitas soal instrumen tes berdasarkan jawaban siswa, dan tingkat praktikalitas instrumen tes. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan
yaitu: analisis (Analyze), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 23 siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Sukamaju. Instrumen yang digunakan
adalah lembar observasi, pedoman wawancara guru, lembar validaasi ahli materi dan ahli media, angket praktikalitas, dan lembar tes (pretests dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan media menunjukkan bahwa: (1) Hasil akhir produk dari media evaluasi pembelajaran matematika yang dikembangkan yaitu instrumen tes kemampuan kognitif siswa berbantuan wordwall yang disajikan dalam bentuk gamesshow quiz yang didalamnya terdapat 10 nomor soal dalam
bentuk pilihan ganda disertai dengan 4 bantuan yang dapat digunakan dalam proses pengerjaan soal (2) hasil validasi ahli materi dan media berada pada kategori sangat valid, (3) hasil uji validitas soal instrumen tes memenuhi ktiteria valid dan uji reliabiitas soal memenuhi kriteria reliabilitas dengan kategori tinggi, (4) hasil uji praktikalitas berada pada kategori sangat praktis,. Implikasi dari media evaluasi pembelajaran matematika berbantuan wordwall adalah: (1) meningkatkan kemampuan kognitif siswa, (2) mengefisienkan waktu pelaksanaan
evaluasi (3) memberikan alternatif evaluasi yang fleksibel dan mudah diakses melalui berbagai perangkat.
Kata kunci: Instrumen Tes,Kemampuan Kognitif Siswa, Statistika,Wordwall.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510.285 Pengolahan dan Analisa Data di Bidang Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 07:13 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 07:13 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11144 |