Lutfiah, Rifda (2025) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMPN 7 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Rifda Lutfiah] Other (Skripsi Rifda Lutfiah)
Download (0B)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektivitas penerapan model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMPN 7 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education
(RME), motivasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan Wordwall dan tidak berbantuan media Wordwall. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui
keefektifian penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan Wordwall terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMPN 7 Palopo.
Penelitin ini menggunakan desain penelitian True-eksperimental dengan tipe pre-test dan post-test control group design. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 59 siswa. Teknik pemgambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, dan digunakan sebanyak 2 kelas yaitu
kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah sampel 44 siswa. Data diperoleh melalui observasi dan angket. Kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa berada pada
kategori ”baik” dan guru berada pada kategori ”sangat baik” terhadap keterlaksanaan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). Adapun rata-rata pre-test angket motivasi belajar matematika siswa kelas eksperimen berada pada kategori ”sedang” dan kelas kontrol berada pada kategori
”rendah”, sedangkan post-test angket motivasi belajar matematika siswa pada kelas eksperimen berada pada kategori ”tinggi” dan kelas kontrol berada pada kategori ”sedang”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan media Wordwall efektif terhadap peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMPN 7
Palopo.

Kata kunci: Efektivitas, Media Wordwall, Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), Motivasi Belajar Matematika Siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 27 Aug 2025 07:27
Last Modified: 27 Aug 2025 07:27
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11145

Actions (login required)

View Item
View Item