Dwi Kusumawati, Fadhila (2025) EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi] Other (Skripsi)
Download (0B)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektivitas model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa yang di ajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe Two Stay Two Stray (TSTS), kemampuan komunikasi matematis siswa yang di ajar dengan menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS), kemampuan komunikasi matematis siswa yang tidak di ajar menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII
SMP Negeri 4 Palopo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperiment dengan tipe pre-test dan post-test control group design. Populasi pada penelitian ini terdiri
dari 7 kelas dengan jumlah 217 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dan digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel 56 siswa. Data diperoleh melalui observasi dan tes. Kemudian
dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan guru terhadap keterlaksanaan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berada pada kategori “sangat baik”. Adapun rata-rata pre-test komunikasi matematis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol barada pada kategori sangat rendah, sedangkan rata-rata hasil post-test kelas kontrol berada pada kategori rendah dan
kelas eksperimen berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis kemampuan komunikasi matematis, diperoleh nilai sig. (2-tailed) ≤ 0,05 atau 0,000 ≤ 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Palopo.

Kata kunci: Efektivitas, Komunikasi Matematis Siswa, Model Pembelajaran

Kooperatif, Two Stay Two Stray (TSTS).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 100 Filsafat dan psikologi > 150.7 Pendidikan Psikologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 28 Aug 2025 00:38
Last Modified: 28 Aug 2025 00:38
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11146

Actions (login required)

View Item
View Item