Awaliya, Sindi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN CANVA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PHYTAGORAS DI SMP NEGERI 4 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Sindi Awaliya] Text (Skripsi Sindi Awaliya)
2102040050_SINDI AWALIYA.pdf

Download (16MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan Canva untuk meningkatkan motivasi belajar matematika materi Teorema Phytagoras di kelas VIII A SMP Negeri 4 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas media, praktikalitas media, efektivitas media
pembelajaran matematika terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Palopo, dan menghasilkan prototype akhir media pembelajaran interaktif berbantuan Canva.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: analisis (Analyze), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Palopo. Instrumen yang digunakan
adalah pedoman wawancara, lembar validasi produk (media dan materi), angket praktikalitas siswa dan angket motivasi belajar (sebelum dan sesudah) menggunakan produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil pengembangan media menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi ahli media dan materi berada pada kategori sangat valid, (2) hasil uji praktikalitas oleh
siswa berada pada kategori sangat praktis, (3) hasil uji efektivitas berada pada kategori efektif digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar matematika kelas VIII A SMP Negeri 4 Palopo, (4) prototype akhir dari pengembangan ini berupa media pembelajaran interaktif berbantuan Canva dalam bentuk Website dengan pokok bahasan Teorema Phytagoras kelas VIII. Adapun produk yang dikembangkan memuat sampul utama, menu utama, tujuan pembelajaran, kata motivasi, materi inti, kuis, video pembelajaran, petunjuk penggunaan dan profil pengembang. Implikasi dari media pembelajaran interaktif adalah: (1)
memudahkan siswa untuk belajar mandiri, (2) meningkatkan motivasi belajar matematika siswa (3) menjadi daya tarik pada proses pembelajaran karena tampilan media menarik, (4) alternatif bahan ajar guru.

Kata kunci: Canva, Media Pembelajaran interaktif, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510.285 Pengolahan dan Analisa Data di Bidang Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 28 Aug 2025 00:48
Last Modified: 22 Sep 2025 06:32
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11147

Actions (login required)

View Item
View Item