Fitri, Nur (2025) EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Nur Fitri]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/other.png)
Download (0B)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah hasil belajar matematika materi bangun datar siswa kelas VII SMP Negeri 14 Palopo yang tidak menggunakan media video tutorial? (2) Bagaimana hasil belajar matematika materi bangun datar siswa kelas VII SMP Negeri 14 Palopo yang menggunakan media
video tutorial? (3) Apakah media video tutorial efektif digunakan terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar siswa kelas VII SMP Negeri 14 Palopo ? Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang melibatkan kelas ekperimen dan kelas kontrol yang diajar dengan media video tutorial
pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 14 Palopo dengan jumlah siswa 123 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah clauster random sampling sehingga terpili dua kelas yang menjadi sampel yaitu kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 31
siswa dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 31 siswa. Cara pengambilan data yaitu menggunakan lembar observasi dan soal pre-test dan post- test data yang diperoleh kemudian diolah dengan uji-t. Hasil penelitian diperoleh bahwa uji hipotesis beda dua rata-rata sebelum antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, diperoleh standar deviasi standar gabungan (dsg) = 8,7726 dan thitung = −1,592 dan ttabel = 2,000. Dimana taraf signifikan α = 0,05 karena thitung < ttabel maka tidak cukup bukti untuk menolak H0
artinya, rata-rata hasil pre-test kelas kontrol sama dengan rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen. Sedangkan uji hipotesis beda dua rata-rata setelah perlakuan antara kelas kontrol dan kelas ekperimen, diperoleh diperoleh deviasi standar gabungan (dsg) = 6,906 dan thitung = 2,525 dan ttabel = 2,000 . Dimana taraf
signifikan α = 0,05 . Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya rata-rata nilai kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini, media video tutorial pembelajaran diharapkan membantu meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Selain itu model ini diharapkan
mampu membantu guru matematika dalam mencipatakan pembelajaran yang efektif.
Kata Kunci: Efektivitas, Media Video Tutorial, Bangun Datar, hasil belajar matematika
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 512.3 Teori Bidang |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 01:16 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 01:16 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11148 |