Idrus, Isnaeni (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PEER TUTORING COOPERATIVE LEARNING (PTCL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Isnaeni Idrus] Other (Skripsi Isnaeni Idrus)
Download (0B)

Abstract

Skripsi ini membahas Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Peer Tutoring Cooperative Learning (PTCL) dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran PTCL, kemampuan koneksi matematis siswa yang tidak memperoleh pembelajaran dengan model PTCL, kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh
pembelajaran dengan model PTCL dan efektivitas pembelajaran dengan model PTCL dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo,
Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi-experimental dengan tipe two-group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 7 kelas dengan jumlah siswa 196. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, dan digunakan sebanyak 2 kelas dengan jumlah
sampel 54 siswa. Data diperoleh melalui observasi dan tes. Kemudian data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran PTCL dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 8
Palopo dilihat dari aktivitas siswa sangat baik dan aktivitas guru baik. Kemampuan koneksi matematis siswa di kelas kontrol yang tidak memperolah pengajaran dengan model pembelajaran PTCL masih tergolong “sangat rendah” meskipun telah diterapkan model pembelajaran kooperatif. Kemampuan koneksi matematis siswa di kelas eksperimen yang memperolah pengajaran dengan model pembelajaran PTCL termasuk dalam kategori “tinggi”. Berdasarka uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan bahwa model pembelajaran PTCL efektif dalam meningkatkan
kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo dengan hasil 0,000 ≤ 0,05.

Kata Kunci: Efektivitas, Kemampuan Koneksi Matematis, Model Pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 511.3 Logika Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 28 Aug 2025 02:17
Last Modified: 28 Aug 2025 02:17
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11150

Actions (login required)

View Item
View Item