Raoda (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-COMIC MENGGUNAKAN STORYBOARDTHAT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Raoda]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/other.png)
Download (0B)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran berbasis e-comic menggunakan StoryboardThat untuk meningkatkan minat belajar matematika materi aritmatika sosial di kelas VII F SMP Negeri 4 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas media, praktikalitas media,
efektivitas media pembelajaran matematika terhadap minat belajar matematika siswa kelas VII F SMP Negeri 4 Palopo, dan menghasilkan prototype akhir media pembelajaran berbasis e-comic menggunakan StoryboardThat. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan
yaitu: analisis (Analyze), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 23 siswa kelas VII F SMP Negeri 4 Palopo. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar validasi produk (media dan materi), angket
praktikalitas siswa dan angket minat belajar matematika (sebelum dan sesudah) menggunakan media. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif Hasil pengembangan media menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi ahli media dan materi berada pada kategori valid, (2) hasil uji praktikalitas oleh siswa berada pada kategori sangat praktis, (3) hasil uji efektivitas berada pada kategori efektif digunakan dalam meningkatkan minat belajar matematika kelas VII F SMP Negeri 4 Palopo, (4) prototype akhir dari pengembangan ini berupa media pembelajaran berbasis e-comic menggunakan StoryboardThat berbantuan Simplebooklet dengan pokok bahasan aritmatika sosial. Adapun produk yang
dikembangkan memuat judul, pengenalan karakter, alur cerita, penutup, dan latihan soal. Implikasi dari media pembelajaran e-comic adalah: (1) memudahkan siswa untuk belajar secara mandiri, (2) meningkatkan minat belajar matematika
siswa, (3) alternatif bahan ajar guru.
Kata kunci: Aritmatika Sosial, E-Comic, StoryboardThat, Media
Pembelajaran, Minat Belajar Matematika Siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 511.8 Matematika Model, Simulasi Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 02:32 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 02:32 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11151 |