Marhama, Sitti (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)BERBANTUAN MEDIA KAHOOT PADA MATERI POLINOMIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMAN 1 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Sitti Marhama]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/other.png)
Download (0B)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Kahoot untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 1 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan media Kahoot, mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan media Kahoot, mengetahui hasil belajar matematika siswa yang tidak diajar menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan media Kahoot. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran TGT berbantuan media Kahoot untuk
meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMAN 1 Palopo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperiment dengan tipe pre-test dan post-test control group design. Populasi pada penelitian ini terdiri 11 kelas dengan jumlah siswa 395. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan
Teknik cluster random sampling, dan digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI Batam sebagai kelas kontrol dan kelas XI Borneo sebagai kelas eksperimen dengan jumlah sampel 72 siswa. Data diperoleh melalui observasi dan tes. Kemudian data dianalisis menggunakan uji independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan guru terhadap
keterlaksanaan model pembelajaran TGT berbantuan media Kahoot berada pada kategori sangat baik. Adapun rata-rata hasil pre-test kelas XI Borneo dan kelas XI Batam berada pada kategori sangat rendah, sedangkan rata-rata hasil post-test kelas XI Borneo berada pada kategori tinggi dan kelas XI Batam berada pada
kategori rendah. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT berbantuan media Kahoot efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Palopo. Dengan demikian model pembelajaran TGT berbantuan media Kahoot
dapat menjadi salah satu model yang diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Kata Kunci: Efektivitas, Hasil Belajar Matematika, Kahoot, Model Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 519.7 Matematika Pemrograman |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 02:49 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 02:49 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11152 |