Saputra, M.Wisnu (2025) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI PAHLAWANKU TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL BERBANTU QR-CODE KELAS VI SDN 277 SAMBIREJO KABUPATEN LUWU. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Wisnu Saputra] Text (Skripsi Wisnu Saputra)
2002050062_M. WISNU SAPUTRA.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengembangan media audio visual pada materi pahlawanku terintegrasi kearifan lokal berbantu Qr-code kelas VI SDN 277 Sambirejo Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk: Menganalisis kebutuhan peserta didik terhadap pengembangan media audio visual pada materi pahlawanku terintegrasi kearifan lokal; merancang media audio visual berbantu QR-code pada materi pahlawanku, menilai tingkat kevalidan media audio visual berbantu QR-code; mengetahui praktikalitas media audio visual berbantu QR-code pada materi pahlawanku; mengetahui tingkat efektivitas media audio visual
berbantu QR-code pada materi pahlawanku di kelas VI SDN 277 Sambirejo, Kabupaten Luwu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima
tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian dilaksanakan di SDN 277 Sambirejo dengan subjek penelitian sebanyak 22 peserta didik kelas VI, wali kelas, serta validator. Objek yang diteliti adalah media audio visual terintegrasi kearifan lokal. Pengumpulan data dilakukan melalui
wawancara dan angket, sedangkan teknik analisis data meliputi analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa desain media audio visual yang dirancang mengintegrasikan kearifan lokal untuk mendorong siswa memecahkan masalah, berpikir kritis, dan lebih memahami materi secara mendalam. Media audio visual ini dilengkapi dengan fitur-fitur video gambar animasi, sehingga dapat
memotivasi memotivasi siswa untuk aktif belajar. Produk ini juga dirancang agar mudah diakses melalui perangkat digital, seperti laptop dan ponsel, untuk memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran. Sehingga peserta didik lebih menyukai media pembelajaran yang interaktif, efektif, inovatif dan menarik.
Selanjutnya media audio visual pada materi pahlawanku terintegrasi kearifan lokal divalidasi oleh tiga orang ahli sebagai validator diantaranya ahli bahasa 86% (sangat valid), ahli materi 89% (sangat valid) dan ahli desain 68% (valid). Pada hasil
praktikalitas guru mendapatkan skor 100% dengan kategori sangat praktis, adapun hasil praktikalitas peserta didik mendapatkan skor 81% dengan kategori sangat
praktis, pada hasil efektivitas peserta didik 90% kategorinya 22 atau seluruh siswa mendapatkan nilai tinggi.

Kata kunci : Audio Visual, Pahlawanku, Kearifan Lokal, QR-Code, Research and Development (R&D)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 372.3 Sains untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 29 Aug 2025 06:27
Last Modified: 22 Sep 2025 03:10
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11177

Actions (login required)

View Item
View Item