Sari, Nirmala (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI BANGUN DATAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWAKELAS V SDN39 PADANG KALUA KECAMATAN KAMANRE CILALLANG KABUPATEN LUWU. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Nirmala sari]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/other.png)
Download (0B)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah, 1) mengetahui hasil produk media pembelajaran materi bangun datar berbasis etnomatematika pada siswa kelas V SDN 39 Padang Kalua Kecamatan Kamanre Cilallang Kabupaten Luwu, 2) Mengetahui tingkat validitas media pembelajaran materi bangun datar berbasis etnomatematika pada siswa kelas V SDN 39 Padang Kalua, 3) Mengetahui tingkat praktikalitas media pembelajaran materi bangun datar berbasis etnomatematika pada siswa kelas V SDN 39 Padang Kalua, 4) Mengetahui efektivitas media
pembelajaran materi bangun datar berbasis etnomatematika pada siswa kelas V SDN 39 Padang Kalua. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian
ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V yang berjumlah 10 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah media pembelajaran materi bangun datar berbasis etnomatematika. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Serta teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran materi bangun datar berbasis etnomatematika yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis kebutuhan peserta didik lebih menyukai media pembelajaran berbasis etnomatematika, validitas yang diperoleh dari tim validator menunjukkan kriteria sangat valid dengan skor 85%
dari ahli desain, 75% dari ahli materi, dan 90,62% dari ahli bahasa. Kemudian hasil uji kepraktisan menunjukkan kriteria sangat praktis oleh siswa dengan skor 90% dan kriteria praktis oleh guru dengan skor 83,33%. Hasil uji N-Gain sebesar 0,78% menunjukkan bahwa media pembelajaran materi bangun datar berbasis
etnomatematika efektif digunakan untuk hasil belajar siswa kelas V SDN 39 Padang Kalua Kecamatan Kamanre Cilallang Kabupaten Luwu. Sehingga media pembelajaran materi bangun datar berbasis etnomatematika dinyatakan valid dan praktis serta efektif.
Kata Kunci : Media pembelajaran, Flashcard, Etnomatika ,Bangun Datar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 004.071 Pendidikan Ilmu Komputer, Pendidikan Teknik Informatika 000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 004.071 Pendidikan Ilmu Komputer, Pendidikan Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 06:38 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 06:38 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11178 |