Alda, Nurul (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI TERHADAP MINAT MEMBACA PUISI SISWA KELAS IV FASE B SDN 96 CAMPUREJO KABUPATEN LUWU. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Nurul Alda] Other (Skripsi Nurul Alda)
Download (0B)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi terhadap minat membaca puisi siswa kelas IV Fase B SDN 96 Campurejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan, desain ,
kevalidan, praktikalitas, dan efektivitas media pembelajaran berbasi video animasi terhadap minat membaca puisi siswa kelas IV Fase B SDN 96 Campurejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu
analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas IV Fase B SDN 96 Campurejo. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar validasi produk (media, materi dan bahasa), angket praktikalitas siswa dan guru, angket minat membaca puisi siswa sebelum dan sesudah menggunakan video (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Adapun hasil penelitian analisis kebutuhan, peneliti memperoleh data yang menujukkan (1) sebanyak 100% siswa yang menyatakan bahwa dengan adanya media memudahkan dalam proses pembelajaran, (2) sebanyak 63% siswa menyatakan bahwa media yang digunakan guru sesuai dengan yang diharapkan sementara 37% menyatakan tidak, (3) sebanyak 100% siswa menyatakan bahwa menyukai media bergambar, berwarna, bergerak, dan bersuara (4) sebanyak 100% siswa menyatakan bahwa menyukai media berupa video animasi pada materi
membaca puisi, (5) 55% siswa menyatakan bahwa kurang minat membaca puisi, (6) 100% siswa menyatakan bahwa guru belum menggunakan media bergambar, bergerak, dan bersuara seperti video animasi pada materi membaca puisi, (7) 100% siswa menyatakan bahwa guru hanya menggunakan buku dalam proses
pembelajaran. Hasil validasi media memperoleh nilai 71,5% kategori valid, validasi materi memperoleh nilai 81,25% kategori sangat valid, dan validasi bahasa memperoleh nilai 89,25% kategori sangat valid. Hasil kepraktisan siswa memperoleh nilai sebesar 94,95% dengan kategori sangat praktis dan kepraktisan
guru memperoleh nilai 92% dengan kategori sangat praktis. Hasil efektivitas terhadap minat membaca puisi siswa berada pada kategori efektif memperoleh nilai sebesar 88%.

Kata kunci: Minat Membaca Siswa. Puisi. Video Animasi Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 003.1 Identifikasi Sistem
000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 003.1 Identifikasi Sistem
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 29 Aug 2025 07:18
Last Modified: 22 Sep 2025 01:52
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11179

Actions (login required)

View Item
View Item