Fadilah, Karina (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) PADA PESERTA DIDIK FASE A SDN 33 KALUKU LAJUK KOTA PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Karina Fadilah] Text (Skripsi Karina Fadilah)
2102050067_KARINA FADILAH.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan peserta didik Fase A melalui penerapan metode pembelajaran Struktural Analitik Sintetik (SAS) di SDN 33 Kaluku Lajuk Kota Palopo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas I SDN 33 Kaluku Lajuk yang berjumlah 33 orang, yaitu 18 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil tes menulis pada tahap pre-test adalah 31,39 dengan persentase ketuntasan 0% dengan kriteria
sangat rendah. Setelah pelaksanaan tindakan siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 60,12 dari 33 siswa 9 orang meningkat dan 24 orang belum meningkat dengan persentase ketuntasan 27,27% dengan kategori sedang. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 80,12 dengan ketuntasan belajar mencapai 100%. Dengan demikian, penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis permulaan peserta didik Fase A di SDN 33 Kaluku Lajuk Kota Palopo.

Kata Kunci : Keterampilan Menulis Permulaan, Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS), Penelitian Tindakan Kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 29 Aug 2025 07:54
Last Modified: 22 Sep 2025 03:04
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11180

Actions (login required)

View Item
View Item