Fadilah, Karina (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) PADA PESERTA DIDIK FASE A SDN 33 KALUKU LAJUK KOTA PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Karina Fadilah]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2102050067_KARINA FADILAH.pdf
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan peserta didik Fase A melalui penerapan metode pembelajaran Struktural Analitik Sintetik (SAS) di SDN 33 Kaluku Lajuk Kota Palopo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas I SDN 33 Kaluku Lajuk yang berjumlah 33 orang, yaitu 18 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil tes menulis pada tahap pre-test adalah 31,39 dengan persentase ketuntasan 0% dengan kriteria
sangat rendah. Setelah pelaksanaan tindakan siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 60,12 dari 33 siswa 9 orang meningkat dan 24 orang belum meningkat dengan persentase ketuntasan 27,27% dengan kategori sedang. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 80,12 dengan ketuntasan belajar mencapai 100%. Dengan demikian, penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis permulaan peserta didik Fase A di SDN 33 Kaluku Lajuk Kota Palopo.
Kata Kunci : Keterampilan Menulis Permulaan, Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS), Penelitian Tindakan Kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 07:54 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 03:04 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11180 |