Tenra, Mentari (2025) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENULIS NARASI DENGAN METODE STORY MAPPING KELAS V SDN 18 MAROANGIN KOTA PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Mentari Tenra] Other (Skripsi Mentari Tenra)
Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan
pengembangan metode story mapping dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V di SDN 18 Maroangin Kota Palopo , untuk mengetahui desain pengembangan metode story mapping dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V di SDN 18 Maroangin Kota Palopo, untuk mengetahui validitas dan praktikalitas serta efektivitas pengembangan metode story mapping dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V di SDN 18 Maroangin Kota Palopo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research & Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap
evaluasi. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SDN 18 Maroangin Kota Palopo dengan subjek penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah Strategi Pembelajaran Menulis Narasi Dengan Metode Story mapping. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah Strategi Pembelajaran Menulis Narasi Dengan Metode Story mapping yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. Hasil validitas yang diperoleh dari tim validator menunjukkan kriteria sangat valid dengan skor 85% dari ahli perangkat pembelajaran, dan 87,5% dari ahli evaluasi pembelajaran. Kemudian hasil uji kepraktisan menunjukkan kriteria sangat praktis oleh siswa dengan skor 88,12% dan kriteria praktis oleh guru dengan skor 87,5%. Sehingga Strategi Pembelajaran Menulis Narasi Dengan Metode Story mapping dinyatakan valid dan praktis dalam pembelajaran.

Kata Kunci : Pengembangan, Strategi Menulis Narasi, Metode Story Mapping.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370.2 Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 29 Aug 2025 08:03
Last Modified: 29 Aug 2025 08:03
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11181

Actions (login required)

View Item
View Item