Wulandari, Tria Putri (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MI SABILIT TAQWA LUWU TIMUR. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Thria Putri Wulandari] Other (Skripsi Thria Putri Wulandari)
Download (0B)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran game edukasi berbasis wordwall untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas III MI Sabilit taqwa Luwu Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
validitas media, praktikalitas media, efektifitas media pembelajaran matematika terhadap minat belajar siswa kelas III MI Sabilit Taqwa Luwu Timur, dan prototype akhir media pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: analisis (Analyze), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 14 siswa
kelas III MI Sabilit Taqwa Luwu Timur. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, analisis kebutuhan (guru dan siswa), lembar validasi produk (media, bahasa, dan materi), angket responden (guru dan siswa) dan angket tes minat belajar belajar (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan media menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi ahli media dan bahasa berada pada kategori sangat valid sedangkan ahli materi berada pada kategori valid, (2) hasil uji praktikalitas oleh guru dan siswa berada pada kategori sangat praktis, (3) hasil uji efektivitas berada pada kategori cukup efektif
digunakan dalam meningkatkan minat belajar matematika kelas III MI Sabilit Taqwa Luwu Timur, (4) prototype akhir dari media pembelajaran matematika berupa media pembelajaran game edukasi berbasis wordwall yang bernama ”Game Math” dengan pokok bahasan bangun datar kelas III. Adapun produk yang
dikembangkan memuat menu awal, menu informasi tombol, menu slide 3, menu profil pengembangan, menu tujuan pembelajaran, menu utama, menu petunjuk, menu materi, menu vidio pembelajaran, menu aturan game, menu game, dan menu
daftar referensi. Implikasi dari media pembelajaran game edukasi berbasis wordwall adalah: (1) memudahkan siswa untuk belajar mandiri, (2) meningkatkan minat belajar siswa (3) menjadi daya tarik pada proses pembelajaran karena tampilan media menarik, (4) alternatif bahan ajar guru.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Game Edukasi, Berbasis Wordwall, Bangun Datar, Minat Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 29 Aug 2025 08:18
Last Modified: 29 Aug 2025 08:18
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11183

Actions (login required)

View Item
View Item