Azzahra, Vivi (2025) PENGEMBANGAN METODE DRILL BERBASIS LITERASI VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 18 MAROANGIN KOTA PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Vivi Azzahra]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/other.png)
Download (0B)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui kebutuhan metode drill berbasis literasi visual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 18 Maroangin Kota Palopo, untuk mengetahui desain metode drill berbasis literasi visual dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SDN 18 Maroangin Kota Palopo, untuk Menguji validitas, praktikalitas, dan efektivitas metode drill berbasis literasi
visual dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SDN 18 Maroangin Kota Palopo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research & Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu
tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SDN 18 Maroangin Kota Palopo dengan subjek penelitian ini adalah guru kelas III dan siswa kelas III yang
berjumlah 27 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah metode drill berbasis literasi visual. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah
observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah metode drill berbasis literasi visual yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. Hasil validitas yang diperoleh dari tim validator menunjukkan kriteria sangat valid dengan skor 87,5%
dan 90,62% dari ahli pembelajaran Bahasa Indonesia Kemudian hasil uji kepraktisan menunjukkan kriteria sangat praktis sangat praktis oleh siswa sebanyak 94,04%, dan guru dengan kategori sangat praktis sebanyak 100%. Hasil efektivitas Berdasarkan hasil uji N-Gain sebesar 0,70% menunjukkan bahwa
Metode drill berbasis literasi visual pada kelas III SDN 18 Maroangin Kota Palopo efektif digunakan untuk hasil belajar siswa. Sehingga Metode drill berbasis literasi visual dinyatakan valid dan praktis serta efektif dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Pengembangan, Metode Drill, Literasi Visual, Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 004.071 Pendidikan Ilmu Komputer, Pendidikan Teknik Informatika 000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 004.071 Pendidikan Ilmu Komputer, Pendidikan Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 06:09 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 06:09 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11188 |