Ridwan, Nurul (2025) PENGARUH KEUNGGULAN KOMPETITIF DAN DIGITALMARKETING TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Kec. Belopa Kab. Luwu). Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Nurul Ridwan]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/other.png)
Download (0B)
Abstract
Saat ini, perkembangan bisnis di indonesia semakin meningkat, UMKM dihadapkan pada tantangan dalam meningkatkan kinerja pemasarannya dalam era digital dan persaingan yang ketat antar pengusaha. Persaingan dalam bisnis kuliner adalah salah satu bidang yang semakin banyak peminat dan membuat persaingan
pada bisnis kuliner semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) pengaruh Keunggulan Kompetitif terhadap kinerja pemasaran UMKM di Kecematan Belopa dalam perspektif ekonomi islam (b) pengaruh Digital Marketing
terhadap kinerja pemasaran UMKM di Kecematan Belopa dalam perspektif ekonomi islam (c) Keunggulan Kompetitif dan Digital Marketing berpengaruh secara simultan terhadap kinerja pemasaran UMKM di Kecematan Belopa dalam
perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif dengan menggunakan Kuesioner sebagai Instrumen penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM di Kecematan Belopa, dengan teknik pengambilan Sampel yaitu non-probability sampling dengan purposive sampling yang berjumlah 90 sampel yang dibagikan secara offline dan online. Alat ukur terbukti valid dan reliabel untuk instrumen penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Keunggulan Kompetitif
terhadap kinerja pemasaran UMKM di Kecematan Belopa dalam perspektif ekonomi islam. (2) terdapat pengaruh Positif dan signifikan Digital Marketing terhadap kinerja pemasaran UMKM di Kecematan Belopa dalam perspektif ekonomi islam (3) Keunggulan Kompetitif dan Digital Marketing secara simultan
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM di Kecematan Belopa dalam perspektif ekonomi islam.
Kata kunci: Keunggulan Kompetitif, Digital Marketing, Kinerja pemasaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 330 Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 07:42 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 07:42 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11194 |