Arman, Auliya Magfira (2025) PENGARUH PERILAKU DAN KESADARAN HALAL KONSUMEN MUSLIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HALAL DI PASAR ANDI TADDA KOTA PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Auliya magfira Arman] Text (Skripsi Auliya magfira Arman)
2004010138_AULIYA MAGFIRA ARMAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan muslim di Indonesia sangat pesat yang mempunyai dampak untuk pola konsumsi umat muslim karena Islam memerintahkan umatnya untuk mengonsumsi yang halal, dalam Islam terdapat suatu pembeda antara halal dan haram. Pada suatu kegiatan ekonomi dilarang untuk mencampur adukkan antara yang halal dan haram. Hal ini menjadi bagian dari batasan konsumsi dalam perilaku konsumen muslim, dan kesadaran yang tinggi serta pengetahuan akan halal. Semakin besar perilaku dan kesadaran halal dapat meningkatkan pilihan produk halal oleh konsumen. Tujuan skripsi ini yaitu untuk mengetahui pengaruh perilaku dan kesadaran halal konsumen muslim terhadap keputusan pembelian produk halal di pasar Andi Tadda Kota Palopo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu penelitian kuantitatif. Jumlah populasi di penelitian ini yaitu sebanyak 30 responden yang beragama Islam dengan usia 25-55 tahun, dan berdomisili di Kota Palopo. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner yang disebar melalui google
form. Analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan program SPSS 22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perilaku konsumen secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk halal di pasar Andi Tadda Kota Palopo. 2) Kesadaran halal secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk halal di pasar Andi Tadda Kota Palopo. 3) Perilaku dan Kesadaran halal konsumen muslim
secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk halal di pasar Andi Tadda Kota Palopo.

Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Kesadaran Halal, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 200 Agama > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 02 Sep 2025 01:18
Last Modified: 22 Sep 2025 00:50
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11198

Actions (login required)

View Item
View Item