Hasdir, Widiya (2025) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA UMKM YANG DIMEDIASI OLEH STRATEGI PEMASARAN. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Widiya Hasdir]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/other.png)
Download (0B)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengaruh literasi keuangan dan inovasi produk terhadap kinerja umkm yang dimediasi oleh strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja UMKM, pengaruh inovasi produk terhadap kinerja UMKM, pengaruh strategi
pemasaran terhadap UMKM, pengaruh literasi keuangan terhadap strategi pemasaran, pengaruh inovasi produk terhadap strategi pemasaran, pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja UMKM yang dimediasi oleh strategi pemasaran dan pengaruh inovasi produk terhadap kinerja UMKM yang dimediasi oleh strategi
pemasaran. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif untuk mengukur pengaruh literasi keuangan, inovasi produk dan strategi pemasaran terhadapa kinerja UMKM. Populasinya adalah seluruh pelaku UMKM di Kota Palopo yang terdata dalam Badan Pusat Statistik (BPS) 2024, Kota Palopo dengan jumlah 14.804 UMKM.
Sampel yang digunakan adalah pendekatan non-probability sampling dengan teknik Purposive sampling dengan jumlah responden 100 orang. Data diperoleh melalui observasi dan angket. Selanjutnya data penelitian ini diolah menggunakan
pendekatan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan perangkat lunak SmartPLS 4.0 dengan pengujian Outer Model dan Inner Model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan (X1)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM (Y), inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM (Y), strategi pemasaran (Z) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM (Y), literasi keuangan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap strategi pemasaran (Z), inovasi produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap strategi pemasaran (Z), literasi keuangan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM (Y) yang dimediasi oleh strategi pemasaran (Z), dan inovasi produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM (Y) yang dimediasi oleh strategi pemasaran (Z).
Kata Kunci: Inovasi Produk, Kinerja UMKM, Literasi Keuangan, Strategi Pemasaran,
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 332 Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 02:04 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 02:04 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11204 |