Alfira, Fitrah (2025) PENGARUH ANALISIS TRANSAKSIONAL DALAM MENGENDALIKAN EMOSI ANAK DI TK SATAP MAMARA DESA SALUBUA. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Fitrah Aifira] Other (Skripsi Fitrah Aifira)
Download (0B)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Analisis Transaksional dalam Mengendalikan Emosi Anak di TK Satap Mamara Desa Salubua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Analisis Transaksional dalam mengendalikan emosi anak di TK Satap Mamara Desa Salubua. Emosi pada anak usia dini merupakan aspek penting dalam perkembangan sosial dan akademik mereka, sehingga diperlukan pendekatan yang tepat dalam pengelolaannya. Analisis Transaksional (AT) sebagai salah satu pendekatan psikologis menawarkan pemahaman tentang interaksi interpersonal berdasarkan tiga keadaan
ego: Parent, Adult, dan Child. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto, dengan sampel jenuh sebanyak 30 responden yang terdiri dari guru dan orang tua murid. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket.
Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa AT berpengaruh terhadap pengendalian emosi anak dengan koefisien regresi sebesar 0,720 dan nilai thitung > ttabel (3,297 > 2,045). Secara statistik, AT memberikan kontribusi sebesar 28,0% terhadap pengendalian emosi anak, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh
faktor lain di luar penelitian ini. Temuan ini menegaskan bahwa pendekatan AT dapat menjadi strategi efektif dalam mendampingi anak usia dini dalam mengelola emosinya di lingkungan pendidikan.

Kata Kunci: Analisis Transaksional, Emosi Anak, Pendidikan Anak Usia Dini, TK Satap Mamara

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 02 Sep 2025 05:56
Last Modified: 02 Sep 2025 05:56
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11215

Actions (login required)

View Item
View Item