Sari, Indah (2025) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK SEBAGAI STRATEGI MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DI TK AN-NUR POLEJIWA KECAMATAN MALANGKE BARAT. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Indah Sari] Text (Skripsi Indah Sari)
SKRIPSI INDAH SARI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kurangnya kemampuan berbahasa Indonesia pada anak usia dini di TK An-Nur Polejiwa Kecamatan Malangke Barat, hal ini dapat terlihat dari proses pembelajaran di kelas. Salah satu penyebabnya adalah faktor lingkungannya dan minimnya penggunaan media pembelajaran yang interaktif serta alat bantu yang dapat merangsang kemampuan berbahasa anak. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media big book sebagai strategi dalam meningkatkan stimulasi perkembangan bahasa bagi anak di TK AnNur

Polejiwa. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian
pengembangan dengan model penelitian ADDIE yang tahapan penelitian yang
terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, dan praktisan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan angket. kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya
media big book sebagai strategi dalam pengembangan bahasa Indonesia bagi anak sangatlah efektif. Hal ini berdasarkan hasil penelitian, dari segi keberhasilan media yang dikembangkan memperoleh skor 90% sangat praktis. Dengan demikian
penggunaan media big book sebagai wadah dalam meningkatkan stimulasi perkembangan bahasa bagi anak sangat dianjurkan untuk digunakan dalam proses
pembelajaran.

Kata kunci: Perkembangan Bahasa, Big Book, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 372.9 Pendidikan Dasar di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 23 Sep 2025 06:10
Last Modified: 23 Sep 2025 06:10
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11307

Actions (login required)

View Item
View Item