Abduh, Nurmala (2025) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN RODA PUTAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA DINI DI TK AL MASITA KAKAU TELLUE KABUPATEN LUWU UTARA. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Nurmala Abduh] Text (Skripsi Nurmala Abduh)
SKRIPS NURMALA ABDUH(PIAUD 19).pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan media roda putar untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar pada anak usia dini di TK Al Masita Kakau Tellue Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegunaan media pembelajaran roda berputar dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar anak
di TK Al Masita Kakau Tellue Luwu Timur. Jenis Penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media roda putar berdampak positif secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan motorik kasar anak usia dini. Hal ini tergambar dari peningkatan persentase anak yang masuk dalam kategori berkembang sesuai harapan yang semula hanya mencapai 35% pada Siklus I dan
melonjak menjadi 85% pada Siklus II. Peningkatan ini mencerminkan adanya perkembangan nyata dalam kemampuan anak mengendalikan serta mengoordinasikan gerak tubuh, khususnya melalui aktivitas fisik yang dirancang secara menyenangkan dan terstruktur. Dengan demikian, penelitian ini semakin memperkuat pandangan bahwa integrasi media berbasis permainan aktif dapat menjadi strategi yang efektif untuk menunjang perkembangan anak secara menyeluruh dan holistik.

Kata kunci: Media Pembelajaran Roda Putar, Keterampilan Motorik Kasar, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370.15 Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 23 Sep 2025 06:20
Last Modified: 23 Sep 2025 06:20
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11308

Actions (login required)

View Item
View Item