Hijriah, Fitrah Nur (2025) PENGARUH PENATAAN POLA TEMPAT DUDUK TERHADAP INTERAKSI KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN KEBERAGAMAN BUDAYA PESERTA DIDIK KELA s 4 UPT SP SDN 268 TOWUTI. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi  Fitrah Hijriah] Text (Skripsi Fitrah Hijriah)
SKRIPSI FITRAH NUR HIJRIAH.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh penataan pola tempat duduk terhadap interaksi komunikasi dan pemahaman keberagaman budaya peserta didik kelas IV UPT SP SDN 268 Towuti. Latar belakang penelitian berangkat dari permasalahan rendahnya interaksi antar peserta didik, di mana sebagian besar siswa cenderung berkomunikasi hanya dengan teman sebangku. Penataan pola tempat duduk dipandang sebagai faktor strategis yang mampu memfasilitasi interaksi komunikasi positif sekaligus memperkuat pemahaman peserta didik terhadap keberagaman budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Path Analysis. Kegiatan penelitian dilaksanakan di UPT SP SDN 268 Towuti pada semester ganjil tahun ajaran 2025 dengan subjek sebanyak 27 peserta didik kelas IV, terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Instrumen
penelitian berupa angket yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas menggunakan perangkat lunak SPSS. Data dikumpulkan melalui observasi dan angket, kemudian dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas,
homogenitas, regresi linear sederhana, serta uji korelasi. Hasil analisis
menunjukkan bahwa penataan pola tempat duduk berpengaruh signifikan terhadap
interaksi komunikasi dengan koefisien regresi β = 0,947 (p < 0,05) dan berpengaruh signifikan terhadap pemahaman keberagaman budaya dengan koefisien regresi β = 0,875 (p < 0,05). Selain itu, terdapat korelasi yang signifikan antara interaksi komunikasi dan pemahaman keberagaman budaya dengan nilai koefisien Pearson
sebesar 0,698 (p < 0,05). Temuan ini menegaskan bahwa penataan pola tempat duduk yang tepat dapat meningkatkan kualitas interaksi komunikasi serta pemahaman keberagaman budaya peserta didik kelas IV di UPT SP SDN 268 Towuti.

Kata Kunci: penataan tempat duduk, interaksi komunikasi, keberagaman budaya, model berkelompok, pendekatan kuantitatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 23 Sep 2025 06:39
Last Modified: 23 Sep 2025 06:39
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11311

Actions (login required)

View Item
View Item