S, Nirwana (2025) PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN DASAR DI ASIA TENGGARA (STUDI KASUS INDONESIA-THAILAND). Diploma thesis, UNSPECIFIED.
![[thumbnail of Skripsi Nirwana]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NIRWANA, S. Pd..pdf
Download (6MB)
Abstract
enelitian ini bertujuan untuk membandingkan sistem pendidikan
dasar di Asia Tenggara, yaitu Indonesia dan Thailand, dengan fokus padakurikulum, metode pengajaran, kualitas pendidikan, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi di Bantannyong school, Ban Teras School, dan Tadika Nadwatul Islamiah Dala (Pattani,Thailand Selatan), dan SDN 44 Rampoang Kota Palopo, SD Negeri 1 Lalebbata Palopo, MI Datok Sulaiman Palopo, dan SDIT Al-Bashirah Palopo (Kota Palopo, Indonesia). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua negara memiliki
kesamaan dalam struktur pendidikan dasar, yakni durasi Sembilan tahun pendidikan wajib dan fokus pada pengembangan keterampilan dasar serta karakter siswa. Terdapat perbedaan yang signifikan dalam penerapan kurikulum, penggunaan bahasa pengantar, serta pendekatan terhadap pendidikan agama dan budaya lokal. Saat ini Indonesia menerapkan kurikulum merdeka yang memberikan keleluasaan bagi guru dan siswa, sementara Thailand menggunakan kurikulum nasional Thailand yang disesuaikan dengan kebutuhan lokal, khususnya di wilayah selatan yang mayoritas Muslim. Faktor budaya, kebijakan pemerintah, serta sistem desentralisasi pendidikan menjadi penyebab utama perbedaan dalam implementasi sistem pendidikan dasar kedua negara. Penelitian ini diharapkan
dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih inklusif dan adaptif di kawasan Asia Tenggara.
Kata Kunci: ―Pendidikan Dasar, Indonesia, Thailand, Kurikulum, AsiaTenggara, Studi Komparatif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 372.9 Pendidikan Dasar di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 06:49 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 06:49 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11312 |