Nurhalisa, Siti (2025) PENINGKATAN PEMAHAMAN MELALUI PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI KPK DAN FPB KELAS V DI SDN 469 KALEWANGAN. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi NurHalisa] Text (Skripsi NurHalisa)
SKRIPSI SITI NURHALISA-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran melalui penggunaan
model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam proses
pembelajaran dan peningkatan pemahaman siswa melalui penggunaan model
kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan
pemahaman siswa pada materi KPK dan FPB. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri
dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Subjek peneltian ini adalah siswa kelas V B SDN 469 kalewangan berjumlah 20
orang orang. Hasil peneltian menunjukkan, pada siklus I aktivitas guru mendapat
nilai rata-rata 37 (66%) kategori kurang, pada siklus II meningkat dengan nilai
rata-rata 50,5 (90%) termasuk kategori sangat baik. Aktivitas siswa melalui
penerapan model koopertif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada
siklus I mendapat nilai rata-rata 26 (65%) kategori kurang, apada siklus II
meningkat dengan nilai rata-rata 50,5 (90%) dan termasuk kategori sangat baik.
Pemahaman siswa pada materi KPK dan FPB melalui model kooperatif tipe
Student Teams Achievement Division (STAD) pada siklus I mendapat nilai 71
dengan persentase ketuntasan 55% dan pada siklus II meningkat dengan nilai ratarata
81
dengan
persentase
ketuntasan
90%.
Maka
dapat
disimpulkan
bahwa
terjadi

peningkatan

pemahaman pada siswa kelas V B SDN 469 Kalewangan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement
Division (STAD) pada materi KPK dan FPB.
Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Student Teamss Achivement Division,
Peningkatan Pemamahaman, Materi KPK dan FPB.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 23 Sep 2025 07:07
Last Modified: 23 Sep 2025 07:07
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11314

Actions (login required)

View Item
View Item