Naman, Nasra (2025) PENERAPAN METODE SUKU KATA (SYLLABIC METHOD) BERBANTUAN PUZZLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS I DI SDN 435 SANGGALANGI’ KECAMATAN BASTEM KABUPATEN LUWU. Diploma thesis, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).
![[thumbnail of Skripsi Nasra Naman]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NASRA FINAL.pdf
Download (3MB)
Abstract
Pembelajaran membaca permulaan di sekolah dasar merupakan fondasi
penting dalam membentuk kemampuan literasi anak. Namun, tantangan seperti
keterbatasan media pembelajaran yang menarik dan motivasi siswa yang rendah
kerap menghambat proses ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aktivitas
guru dan peserta didik dalam penerapan metode suku kata (Syllabic Method) berbasis
puzzle, serta (2) peningkatan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I
di SDN 435 Sanggalangi'.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan dua siklus, melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Subjek penelitian adalah siswa kelas I sebanyak 19 orang. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, dengan teknik analisis data deskriptif
kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru dalam mengelola
pembelajaran meningkat dengan penggunaan media puzzle yang menarik dan
interaktif, (2) aktivitas siswa juga menunjukkan peningkatan, ditandai dengan
keterlibatan aktif dalam membaca, menyusun suku kata, dan merangkai kata menjadi
kalimat. Peningkatan kemampuan membaca permulaan terlihat dari hasil tes yang
menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 57,89%, meningkat
menjadi 89,47% pada siklus II. Penggunaan metode suku kata berbasis puzzle
terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa, karena
mampu menstimulasi daya pikir, minat, dan partisipasi aktif mereka dalam proses
pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan
metode dan media pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan untuk pendidikan
dasar.
Kata kunci : Membaca Permulaan, Metode Suku Kata, Media Puzzle.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 07:54 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 07:54 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11315 |