Wahdaniyah, Wahdaniyah (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR DIGITAL IPAS MATERI GAYA TERINTEGRASI PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWAKELAS IV SDN 51 SUMARAMBU KECAMATAN TELLUWANUA KOTA PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Wahdaniyah] Text (Skripsi Wahdaniyah)
SKRIPSI WAHDANIYAH PERPUS.pdf

Download (14MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengembangan modul ajar digital IPAS materi gaya terintegrasi permainan tradisional untuk melatih keterampilan proses sains siswa kelas IV SDN 51 Sumarambu Kecamatan Telluwanua Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kebutuhan guru dan siswa terhadap
modul ajar digital (2) merancang dan mengembangkan modul ajar digital (3) menguji tingkat kevalidan modul ajar digital (4) menilai tingkat kepraktisan modul ajar digital (5) mengukur efektivitas modul ajar digital IPAS materi gaya terintegrasi permainan tradisional untuk melatih keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian
dilaksanakan di SDN 51 Sumarambu dengan subjek wali kelas dan sebanyak 21 siswa kelas IV. Objek penelitian ini adalah modul digital IPAS terintegrasi permainan tradisional. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menerapkan keterampilan proses sains secara optimal, rata-rata siswa suka belajar sambil bermain. Validasi ahli materi menunjukkan skor 75%, ahli design
78,12% dengan kategori valid dan ahli bahasa menunjukkan skor 87,5% dengan kategori sangat valid. Hasil angket kepraktisan menunjukkan kriteria praktis oleh guru dengan skor 85% dan sangat praktis oleh siswa dengan skor 87,41%. Uji
efektivitas siswa memperoleh nilai N-Gain setiap indikator berada di rentang 0,440,77
dengan kategori sedang hingga tinggi, hal ini menunjukkan bahwa modul digital IPAS terintegrasi permainan tradisional efektif melatih keterampilan proses sains siswa.

Kata Kunci: Modul digital, IPAS, permainan tradisional, jenis-jenis gaya, keterampilan proses sains

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 24 Sep 2025 00:47
Last Modified: 24 Sep 2025 00:47
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11316

Actions (login required)

View Item
View Item