Wulandari, Chindhy (2025) ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI KETERAMPILAN BERBICARA DI KELAS IV SDN 51 SUMARAMBU KECAMATAN TELLUWANUA KOTA PALOPO. Diploma thesis, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).
![[thumbnail of Skripsi Chindy Wulandari]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Chindy Wulandari HS_PGMI.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujual n untuk menganalisis minat belajar siswa pada materi keterampilan berbicara di kelas IV SDN 51 Sumal ral mbu Kecamat an Telluwanua Kota Pallopo daln untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat
belajar siswa pada materi keterampilan berbicara di kelas IV SDN 51 Sumarambu Kecalmatan Telluwanual Kotal Palopo.
Penelitialn ini menggunalan jenis penelitian n kuallitaltif. Penelitian dilakukan di SDN 51 Sumarambu. Subjek dari penelitian ini adalah kelas IV. Objek dari penelitian adalah minat belajar pada materi keterampilan berbicara siswa.
Instrument pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi metode, triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Penelitialm ini menunjukkan hasil bahwa minat belajar siswa pada keterampilan berbicara mengalami perkembangan setelah proses pembelajaran berlangsung dengan melihat kondisi peserta didik yang lebih aktif dalam proses
pembelajaran. Ini ditandai dengan adanya suasanayang menyenangkan dan dapal t dirasalkan murid, di samping itu siswa mampu melakukan kegiatan berbicara, seperti berdiskusi, menyampaikan pendapat, atau presentasi dikelas. ALdapun
faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada keterampilan berbicara yaitu dengaln melal
kukan berbagai pendekatan kepada siswa sehingga siswa dapat menerima pelajaran dengan balik tanpa adanya tekanan atau paksaan dalri pihak manapun sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan mudah dan lalnca sesuai apa yang diharapkan. Guru dan orang tua harus mengadakan kerja sama yang baik sehingga para murid dapat percaya diri untuk berbicara di depan kelas atau umum agar keterampilan berbicara siswa lebih baik seperti yang diharapkan.
Kata Kunci : Minat Belajar, Keterampilan Berbicara, Pembelajaran Bahasa Indonesia
xxiv
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370.7 Metode Riset Penelitian Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 01:11 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 01:11 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11317 |