Hasanah, Nur (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MATERI MEMBANGUN MASYARAKAT YANG BERADAB PADA MATA PELAJARAN IPAS DI FASE B UPT SDN 182 SUMBER AGUNG KABUPATEN LUWU UTARA. Diploma thesis, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).

[thumbnail of Skripsi Nur Hasanah] Text (Skripsi Nur Hasanah)
Skripsi Nur Hasanah_PGMI.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini membahas pengembangan modul ajar berbasis nilai pendidikankarakter materi membangun masyarakat yang beradab pada mata pelajaran IPAS difase B UPT SDN 182 Sumber Agung Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui tahap pendefinisian pengembangan modul ajar berbasis nilai pendidikan karakter, mengetahui tahap perancangan pengembangan modul ajar
berbasis nilai pendidikan karakter, mengetahui pengembangan modul ajar berbasis nilai pendidikan karakter, dan mengetahui penyebaran pengembangan modul ajar berbasis nilai pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan pengembangan atau research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, and disseminate).
Penelitian ini dilakukan di UPT SDN 182 Sumber Agung Kabupaten Luwu Utara.
Objek penelitian adalah modul ajar berbasis nilai pendidikan karakter yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa modul ajar berbasis nilai pendidikan karakter. Teknik pengumpulan data
yang digunakan wawancara, dokumentasi, dan angket yang kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil analisis kebutuhan dalam proses pembelajaran diperlukan inovasi baru terkait modul ajar berupa modul ajar berbasis nilai pendidikan karakter terkhusus pada materi membangun masyarakat yang beradab.
Adapun design modul tersebut berupa modul ajar berbasis nilai pendidikan karakter materi membangun masyarakat yang beradab. Untuk kevalidan modul ajar berbasis
nilai pendidikan karakter divalidasi oleh 3 orang ahli, yaitu ahli desain dengan nilai 98% (kategori sangat valid), ahli bahasa dengan nilai 82,5% (kategori sangat valid), dan ahli media dengan nilai 75% (kategori valid), untuk hasil uji kepraktisan dari guru kelas IV dengan nilai 84,6% (sangat praktis) dan hasil praktikalitas yang melibatkan 22 orang peserta didik memperoleh nilai 88,43% (sangat praktis). Hasil efektivitas yang melibatkan 22 orang peserta didik memperoleh nilai 73,96% ( efektif). Namun, untuk itu penyebaran dilakukan secara offline di fase B UPT SDN 182 Sumber Agung Kabupaten Luwu Utara.

Kata kunci : modul ajar, pendidikan karakter, membangun masyarakat yang beradab

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 24 Sep 2025 01:23
Last Modified: 24 Sep 2025 01:23
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11318

Actions (login required)

View Item
View Item