Rahayu, Titi (2025) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA SISWA FASE B DI SDN 24 TEMALEBBA KOTA PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Titi Rahayu]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TITI RAHAYU 2102050081.pdf
Download (3MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Siswa Fase B di SDN 24 Temalebba Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka di SDN 24 Temablebba Palopo pada siswa kelas IV Fase B; Untuk mengetahui guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di SDN 24 Temalebba Palopo pada siswa kelas IV Fase B; Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SDN 24 Temalebba Palopo siswa kelas IV Fase B. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif fokus pada penerapan berdiferensiasi di kelas IV Fase B SDN 24 Temalebba Palopo. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Selanjutnya, data penelitian ini dianalisis dengan tahap pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan kurikulum merdeka di SDN 24 Temalebbapada siswa kelas IV fase B menunjukkan bahwa kurikulum merdeka sudah diterapkan di SD tersebut, apa lagi di kelas IV sudah terlebih dahulu menerapkan kurikulum merdeka ini daripada kelas yang lainnya. (2) Strategi guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka di SDN 24 Temalebba di kelas IV fase B yaitu langkah awal, guru melakukan pemetaan kebutuhan belajar peserta didik sebelum memulai kegiatan belajar. Proses dilakukan melalui asesmen diagnostik yang bertujuan mengidentifikasi, minat, dan kesiapan siswa. (3) faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SDN 24 Temalebba pada siswa kelas IV fase B Bahwa terdapat faktor internal dan faktor eksternal dari siswa dan guru.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Strategi Guru, Pembelajaran Berdiferensiasi,
Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 01:40 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:11 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11320 |