Esron, Esron (2025) EFEKTIVITAS KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN DENGAN METODE UMMI DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL HIKMAH PALOPO KAJIAN KUALITATIF DESKRIPTIF. Masters thesis, Universitas Islam Negri Palopo.
![[thumbnail of Tesis Esron]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
305010018 Esron.pdf
Download (7MB)
Abstract
SDIT Al Hikmah Palopo merupakan salah satu Sekolah Dasar Islam Terpadu di Kota Palopo yang menggunakan metode Ummi dalam proses pembelajaran al-Qur’an yang digabung dalam kurikulum pendidikan dan sekolah sebagai kurikulum wajib yang diikuti oleh seluruh peserta didik. Berdasarkan dinamika permasalahan utama terkait efektivitas kemampuan membaca alQur’an dengan metode Ummi yang penulis dapatkan saat melakukan observasi di lapangan adalah kurang memadainya tenaga pengajar al-Qur’an yang berkompeten pada bidangnya, sehingga membuat para guru yang mengajar, kewalahan dalam menghadapi peserta didik. Dan beberapa dari peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda-beda, sehingga belum mampu untuk disamaratakan dikarenakan SDIT Al Hikmah adalah sekolah inklusi. Serta sarana dan prasarana yang tidak lengkap sehingga para guru kurang efektif dalam pemahaman materi Ummi Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian kajian kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dengan tekhnik pengumpulan data secara pengamatan dekat,
wawancara yang mendalam, dan studi dokumentasi. Penulis mengambil lokasi penelitian di SDIT Al Hikmah Palopo yang berada di tengah kota Palopo. Hasil penelitian ini didapatkan dari para pengajar al-Qur’an dan peserta didik yang ada di SDIT Al Hikmah Palopo. Serta hasil dari penelitian ini dinyatakan efektif dipergunakan dalam proses pembelajaran membaca al-Qur’an dengan metode Ummi. Adapun tujuan dari penulisan ini adalah: untuk memberikan masukan dan saran kepada yayasan dan sekolah di SDIT Al Hikmah Palopo terkait perencanaan dan proses pembelajaran membaca
al-Qur’an dengan metode Ummi yang menjadi model dalam pembelajaran serta pengelolaan kelas yang bermutu. Sehingga dari penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan membaca alQur’an dengan fasih dan tartil dari penggunaan
metode ummi dalam membaca al-Qur’an.
Kata Kunci : Efektivitas Kemampuan, Membaca al-Qur’an, Metode Ummi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 207.5 Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 01:23 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 01:23 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11512 |