Farecy A, Nasyawa Difha (2025) AMPAK TIKTOK TERHADAP PSIKOLOGIS REMAJA(SEBUAH FENOMENOLOGI PENGALAMAN PENGGUNA AKTIF PADA SISWA DI SMAN 1 LUWU). Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Nasyawa Difha Farecy,A] Text (Skripsi Nasyawa Difha Farecy,A)
SKRIPSI (1).pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini membahas bagaimana TikTok memberikan dampak terhadap psikologis remaja dan bagaimana pola penggunaan TikTok remaja dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola dan dampak TikTok terhadap psikologis remaja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 11 orang yang dipilih secara purposive sampling dengan karakteristik yang ada. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola penggunaan TikTok siswa SMAN 1 Luwu memiliki frekuensi atau durasi yang tinggi, jenis konten yang sering dilihat adalah konten tren, hiburan dan informasi atau edukasi, interaksi sosial siswa SMAN 1 Luwu melalui komentar, like, posting ulang, live, dan chat, dan perasaan siswa saat menggunakan TikTok bersifat dinamis atau berubah-ubah tergantung jenis konten yang sering mereka nonton. Selanjutnya dampak TikTok terhadap psikologis remaja dilihat dari teori Carol Ryff memiliki dampak berbeda-beda, seperti Self-Acceptance dan Purpose in Life cenderung berdampak negatif, sementara dimensi seperti Positive Relations with Others, Autonomy, dan Personal Growth menunjukkan dampak positif yang kuat bagi sebagian besar siswa.

Kata Kunci: TikTok, Psikologis, Siswa SMAN 1 Luwu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 100 Filsafat dan psikologi > 152 Psikologi Fisiologis
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 09 Oct 2025 02:35
Last Modified: 09 Oct 2025 02:35
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11537

Actions (login required)

View Item
View Item