Junaidi, Putri (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENERAPAN MIND MAPPING PADA ANAK KELOMPOK B TK ANDI BINTANG. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.
2002070019 Putri Junaidi.pdf
Download (3MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pemanfaatan Mind Mapping sebagai alat bantu pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada anak usia dini khususnya anak usia 5–6 tahun di TK Andi Bintang Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada anak kelompok B TK Andi Bintang melalui penerapan Mind Mapping. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian sebanyak 15 orang anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah pada anak meningkat secara signifikan setelah penerapan Mind Mapping. Pada pra-tindakan, persentase kemampuan pemecahan masalah anak berada pada angka 20%. Setelah pelaksanaan siklus I, meningkat menjadi 42,7%, dan pada siklus II mencapai 76%. Dengan demikian penerapan Mind Mapping terbukti dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada anak usia dini.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Mind Mapping, Anak Usia Dini
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Ilmu sosial > 372 Pendidikan Dasar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| Depositing User: | Dahniar Abdullah |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 06:58 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 06:58 |
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11541 |
