Miftahul Jannah (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KEL AS VI SDN 24 TEMMALEBBA KOTA PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Miftahul Jannah] Text (Skripsi Miftahul Jannah)
2102050006 MIFTAHUL JANNAH.pdf

Download (11MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terintegrasi nilai-nilai keislaman untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas VI SDN 24 Temmalebba Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kebutuhan siswa dan guru terhadap media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline terintegrasi nilai-nilai
keislaman; (2) merancang dan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline terintegrasi nilai-nilai keislaman; (3) menguji tingkat kevalidan media dari segi materi, media, bahasa, dan keagamaan; (4) menilai tingkat kepraktisan media berdasarkan respon guru dan siswa; serta (5) mengukur efektivitas media dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian
ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian dilaksanakan di SDN 24
Temmalebba dengan subjek penelitian sebanyak 31 siswa kelas VI dan satu orang guru kelas. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline terintegrasi nilai-nilai keislaman. Teknik pengumpulan data
yang digunakan meliputi wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa siswa membutuhkan sebuah media pembelajaran yang
diintegrasikan dengan video, audio, animasi, serta kuis. Hasil validitas media menunjukkan skor dari ahli media sebesar 81,25%, ahli materi 89,29%, ahli bahasa
86,36%, dan ahli keagamaan 95% seluruhnya termasuk kategori sangat valid. Hasil angket kepraktisan menunjukkan kriteria sangat praktis oleh guru dengan skor 87,5% dan oleh siswa dengan skor 81,65%. Uji efektivitas siswa memperoleh nilai N gain setiap indikator berada di rentang 0,49-0,76, dengan kategori sedang hingga tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Articulate Storyline terintegrasi nilai-nilai keislaman terbukti efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Kata Kunci: Pengembangan media, Articulate Storyline, Keterampilan proses sains

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 10 Oct 2025 01:42
Last Modified: 10 Oct 2025 01:42
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11548

Actions (login required)

View Item
View Item