Assiddiq, Muh.Nur (2025) PENGEMBANGAN MODUL PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TERINTEGRASI NILAI KEARIFAN LOKAL PADA FASE B SDN 54 SALUPIKUNG KOTA PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Muh.Nur Assiddiq] Text (Skripsi Muh.Nur Assiddiq)
2002050095 MUH NUR ASSSIDDIQ.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Terintegrasi Nilai Kearifan Lokal, mengetahui proses pengembangan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila (P5) Terintegrasi Nilai Kearifan Lokal, mengetahui tingkat kevalidan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Terintegrasi Nilai Kearifan Lokal, dan mengetahui tingkat kepraktisan dari Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Terintegrasi Nilai Kearifan Lokal pada Fase B SDN 54 Salupikung Palopo.
Jenis penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan atau biasa disebut Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,
Evaluation). Penelitian ini berada di SDN 54 Salupikung Palopo. Subjek penelitian ini adalah Guru dan Peserta didik kelas IV SDN 54 Salupikung Palopo yang terdiri dari 26 peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif
guna memperoleh data yang dibutuhkan maka digunakan Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil analisis data dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa analisis kebutuhan dari produk yang dikembangkan dalam modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terintegrasi nilai kearifan lokal pada fase B SDN 54 Salupikung Palopo yakni analisis masalah dan analisis kebutuhan pembelajaran P5 Guru dan peserta didik. Pengembangan modul Proyek P5 ini terdiri dari rancangan awal yakni penentuan tema dan materi, dimensi elemen Profil Pelajar Pancasila, dimensi -nilai kearifan lokal Tana Luwu, dan perancangan modul Proyek P5 terintegrasi nilai kearifan lokal. Validitas pengembangan Modul Proyek P5 terintegrasi nilai kearifan lokal terdiri dari validator ahli bahasa dengan skor
80%, ahli materi 93,18% dan ahli desain dengan skor 73,86%. Hasil uji Praktikalitias peserta didik terhadap modul Proyek P5 terintegrasi nilai kearifan lokal menunjukkan nilai 88% dengan kategori sangat praktis berdasarkan respon dari uji coba dengan 26 peserta didik dan seorang pendidik yaitu Guru Kelas IV dengan nilai akhir dari hasil uji kepraktisan mencapai 96% dengan kategori sangat praktis.

Kata Kunci: Modul Proyek, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Nilai Kearifan Lokal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 10 Oct 2025 01:49
Last Modified: 10 Oct 2025 01:49
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11549

Actions (login required)

View Item
View Item