Jannah, Miftahul (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE DI KELAS IV SDN 41 BATU PUTIH KOTA PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Miftahul Jannah]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2002050063 MIFTAHUL JANNAH.pdf
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap pengembangan media pembelajaran berbantuan articulate storyline dan untuk mengetahui validasi, praktikalitas dan efektivitas pengembangan media pembelajaran berbantuan articulate storyline untuk materi Bagian tubuh tumbuhan di kelas IV SDN 41 Batu Putih Kota palopo.
Jenis penelitian yang digunakan penelitian pengembangan atau metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 41 Batu Putih Kota Palopo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
adalah: Wawancara, Dokumentasi, Angket, Tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil analisis kebutuhan dan tahap pengembangan di kelas IV SDN 41 Batu Putih, ditemukan bahwa dalam kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut terdapat kebutuhan untuk menghadirkan
inovasi baru dalam media pembelajaran. Salah satu bentuk inovasi yang diperlukan adalah media pembelajaran berbantuan articulate storyline. Validasi media
pembelajaran dikembangkan menunjukkan tingkat validitas yang tinggi. Ahli media mendapatkan persentase validitas sebesar 80% dengan kategori valid. Ahli materi memberikan nilai persentase 82% kategori valid, ahli bahasa memberikan nilai persentase 90% dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan yang diuji cobakan kepada siswa sebanyak 20 orang menunjukkan nilai 86% dan dari guru kelas IV
dengan nilai akhir dari hasil uji kepraktisan mencapai 94% dengan kategori sangat praktis Hasil uji keefektifan mengenai media berbantuan articulate storyline diperoleh rata-rata skor pretest siswa adalah 71,75%, sedangkan rata-rata posttest
siswa adalah 85,75% dengan kategori baik.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Bagian Tubuh Tumbuhan, Articulate Storyline
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 01:55 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 01:55 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11550 |