Tantik, Tantik (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN PREZI MATERI SISTEM ORGAN PENCERNAAN MANUSIA PADA SISWA KELAS V SDN 41 BATU PUTIH KOTA PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Tantik]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI TANTIK FIKSSSS bangettt[1].pdf
Download (3MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran berbantuan Prezi materi sistem organ pencernaan manusia pada siswa kelas V SDN 041 Batu Putih. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengembangan media pembelajaran menggunakan Prezi materi sistem organ pencernaan manusia kelas V SDN 41 Batu Putih. 2) Mengetahui validitas media pembelajaran menggunakan Prezi materi sistem organ pencernaan manusia kelas V SDN 41 Batu Putih. 3) Mengetahui kepraktisan media pembelajaran menggunakan Prezi materi sistem organ pencernaan manusia kelas V SDN 41
Batu Putih. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Prezi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan angket validitas. Pengembangan penelitian menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima
tahapan, yaitu: (1) Analysis, dengan menganalisis kebutuhan dan permasalahan siswa dalam materi sistem organ pencernaan manusia; (2) Design, dengan merancang produk media pembelajaran interaktif menggunakan Prezi; (3)
Development, dengan mengembangkan produk dan melakukan validasi oleh ahli evaluasi, ahli desain, ahli materi, dan ahli bahasa; (4) Implementation, untuk menguji tingkat kepraktisan produk oleh guru dan siswa, serta (5) Evaluation
untuk mengetahui efektivitas media serta melakukan penyempurnaan berdasarkan data dan saran yang diperoleh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengembangan media
pembelajaran menggunakan Prezi melalui lima tahapan pengembangan ADDIE, yaitu: (a) Analysis, yaitu menganalisis permasalahan dan kebutuhan siswa di kelas V; (b) Design, yaitu merancang produk berupa media pembelajaran berbentuk Prezi; (c) Development, yaitu mengembangkan dan memvalidasi media oleh ahli evaluasi, ahli desain, ahli materi, dan ahli bahasa; (d) Implementation, yaitu menguji kepraktisan media melalui uji coba oleh guru dan siswa kelas V; dan (e) Evaluation, yaitu menilai efektivitas serta melakukan revisi berdasarkan hasil dan saran dari uji coba. 2) Hasil validasi media menunjukkan bahwa validator ahli evaluasi memberikan skor 78% (kategori “cukup valid”), ahli desain 88%
(kategori “valid”), ahli materi 75% (kategori “cukup valid”), dan ahli bahasa 84% (kategori “valid”), dengan rata-rata keseluruhan 81% dan termasuk dalam kategori “valid”. 3) Hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa guru kelas V memberikan skor 74% (kategori “praktis”), sedangkan siswa kelas V memberikan skor 90% (kategori “sangat praktis”), dengan rata-rata keseluruhan 82% dan masuk dalam kategori “sangat praktis”.
Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Prezi, Sistem Pencernaan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 02:23 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 02:23 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11553 |