Umar, Cakra Ramadhan (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII MTsN PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Cakra Ramadhan Umar]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
18 0204 0059 CAKRA RAMADHAN UMAR.pdf
Download (10MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Model Pembelajaran IMPROVE Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII MTsN Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran IMPROVE dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII MTsN Palopo. Jenis penelitian ini adalah pre eksperiment design dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.C yang berjumlah 30 siswa. Data diperoleh melalui observasi dan tes
kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi kenaikan yang signifikan pada nilai rata-rata posttest, dimana nilai rata-rata pretest termasuk dalam kategori
cukup dan nilai rata-rata posttest termasuk kategori baik. Berdasarkan perhitungan rata-rata kedua data tersebut dengan pengujian hipotesis menggunakan uji Paired
Sample T-Test memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Artinya, rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah siswa setelah penggunaan model pembelajaran IMPROVE lebih baik dari rata-rata skor pemahaman kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum penggunaan model pembelajaran IMPROVE. Sehingga dari hasil tes dan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran IMPROVE efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi segiempat kelas VII.C MTsN Palopo.
Kata Kunci: Efektivitas Model Pembelajaran IMPROVE, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 00:28 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 00:28 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11570 |