Irawati, Aprilyani Dwi (2025) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Apriliyani Dwi Irawati]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2102040026 APRILYANI DWI IRAWATI.pdf
Download (648MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang efektivitas pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge TPACK terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
keterlaksanaan pembelajaran TPACK, tingkat motivasi belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran TPACK, tingkat motivasi belajar matematika siswa dengan pembelajaran tanpa menerapkan TPACK, dan efektivitas
pembelajaran TPACK terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII Negeri 1 Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif eksperimen. Subjek penelitian ini adalah 65 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palopo. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas pembelajaran guru dan siswa, dan angket motivasi belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterlaksanaan pembelajaran model pembelajaran TPACK dapat dilihat berdasarkan data dari lembar observasi aktivitas pembelajaran siswa sebesar 93,74% yang berada pada kategori sangat baik, dan data dari lembar observasi aktivitas pembelajaran guru sebesar 96,88% yang berada pada kategori sangat baik, (2) Tingkat motivasi belajar matematika siswa dari 33 siswa kelas eksperimen menunjukkan bahwa nilai pretest angket diperoleh sebesar 74% dengan kategori termotivasi dan hasil posttest angket menunjukkan bahwa nilai persentase rata-rata yang diperoleh sebesar 81% dengan kategori sangat termotivasi, (3) Tingkat motivasi belajar matematika siswa dari 32 siswa kelas kontrol menunjukkan bahwa nilai pretest angket diperoleh sebesar 75% dengan kategori termotivasi, sedangkan hasil posttest angket menunjukkan bahwa nilai persentase rata-rata yang diperoleh sebesar 75% dengan kategori termotivasi, (4) Efektivitas pembelajaran TPACK terhadap motivasi belajar siswa dapat dilihat berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan menggunakan teknik uji-t dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang menunjukkan bahwa model pembelajaran TPACK efektif terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palopo.
Kata kunci: Efektivitas, Motivasi Belajar Siswa, TPACK.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 00:41 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 01:07 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11571 |