Ramadani, Fitri MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Fitri Ramadani] Text (Skripsi Fitri Ramadani)
2102060047 FITRI RAMADANI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang model kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di sekolah menengah pertama negeri 8 Palopo. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui model kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di SMP Negeri 8 Palopo; (2) untuk mengetahui tantangan kepala sekolah menerapkan model kepemimpinan dalam meningkatkan kompetensi guru di SMP Negeri 8 Palopo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, dan beberapa guru. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Sedangkan analisis data yang digunakan analisis interaktif (interactive analysis) melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di SMP Negeri 8 Palopo bahwa kepala sekolah menerapkan beberapa model kepemimpinan, yaitu
demokratis, partisipatif, transformasional, dan adaptif. Namun, model yang paling dominan adalah kepemimpinan demokratis. Hal ini tercermin dari keterlibatan
guru dalam pengambilan keputusan melalui rapat dan diskusi terbuka, adanya supervisi yang mendukung guru dalam kesulitan, serta pemberian kesempatan mengikuti pelatihan komputer dan pengembangan profesional. Pendekatan ini menciptakan suasana kondusif, kolaboratif, dan transparan, yang berdampak positif terhadap peningkatan kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian guru sehingga kualitas pembelajaran di SMP Negeri 8 Palopo meningkat; 2) tantangan yang dihadapi kepala sekolah dalam menerapkan model kepemimpinan untuk meningkatkan kompetensi guru di SMP Negeri 8 Palopo meliputi: (a) rendahnya motivasi dan kemauan mengembangkan diri, (b)
keterbatasan sumber daya dan fasilitas, (c) rendahnya partisipasi guru dalam kegiatan pengembangan profesi. Sebagai upaya mengatasi hal ini, kepala sekolah berusaha meningkatkan motivasi dan kesadaran guru, menyediakan pelatihan dengan jadwal yang fleksibel, serta berupaya memaksimalkan fasilitas yang ada agar guru lebih mudah mengakses sumber belajar.

Kata Kunci: Model Kepemimpinan, Kompetensi Guru

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.12 Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 14 Oct 2025 02:06
Last Modified: 14 Oct 2025 02:06
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11576

Actions (login required)

View Item
View Item