Anisa, Anisa (2025) PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 2 LAMASI. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Anisa] Text (Skripsi Anisa)
SKRIPSI ANISA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri 2 Lamasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik terhadap kinerja guru dan kinerja guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakasek kesiswaan, wakasek kurikulum dan guru SMP
Negeri 2 Lamasi. Data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian proses supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah di SMP Negeri 2 Lamasi mencakup perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi dan
evaluasi supervisi; dan 2) kinerja Guru di SMP Negeri 2 Lamasi tergolong baik. Kinerja guru mencakup pertama, perencanaan pembelajaran di mana dalam perencanaan ini guru akan membuat adminisstrasi pembelajaran termasuk RPP dan silabus. Kedua, pelaksanaan pembelajaran mencakup kegiatan pembukaan pembelajaran, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Ketiga, evaluasi pembelajaran di mana dalam evaluasi ini guru akan menetukan instrumen evaluasi diantaranya remedial dan beberapa pertanyaa. Esensi supervisi akademik ini adalah mengembangkan kemampuan dan profesionalitas guru serta dapat meningkatkan disiplin dan rasa tanggung jawab dalam menjalankan tugasnya.

Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 14 Oct 2025 02:28
Last Modified: 14 Oct 2025 02:32
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11577

Actions (login required)

View Item
View Item