Muksit, Nurya (2025) PERSEPSI TENAGA KEPENDIDIKAN TINGKAT SMA NEGERI SE-KOTA PALOPO TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM UIN PALOPO DALAM PROGRAM LATIHAN PROFESI II. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Nurya Muksit] Text (Skripsi Nurya Muksit)
SKRIPSI NURYA MUKSIT S.Pd..pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang persepsi tenaga kependidikan tingkat SMA Negeri se-kota Palopo terhadap kemampuan mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam UIN Palopo dalam Program Latihan Profesi II. Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui persepsi tenaga kependidikan tingkat SMA Negeri se-kota Palopo terhadap kemampuan mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam UIN Palopo dalam Program Latihan Profesi II; (2) untuk mengetahui kemampuan mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam UIN Palopo yang telah melaksanakan Program Latihan Profesi II di SMA Negeri
se-kota Palopo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu kepala tata usaha, kepala perpustakaan dan kepala bimbingan konseling (BK).
Data diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) persepsi tenaga kependidikan di SMAN se-kota Palopo secara umum
positif terhadap kemampuan mahasiswa. Hal ini karena mahasiswa telah memenuhi tiga indikator persepsi, yaitu penyer MPI mampu memahami prosedur dan alur kerja, menyelesaikan tugas-tugas administrasi dan mampu bekerja sama dalam penyelesai tugas di lokasi PLP II; 2)
kemampuan mahasiswa MPI yang telah melaksanakan PLP II menunjukkan kemampuan dalam tiga aspek: kemampuan teknis, kemampuan konseptual dan kemampuan sosial. Kemampuan teknis ditunjukkan melalui kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas administrasi, mengoperasikan komputer, terlibat dalam proses peminjaman dan pengembalian buku, serta berpartisipasi dalam pemberian konseling kepada siswa. Kemampuan konseptual terlihat dari kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan dan memahami prinsip bimbingan konseling (BK). Kemampuan sosial ditunjukkan melalui kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan baik, memiliki sikap sopan dan disiplin, serta mampu menjalin hubungan posistif dengan siswa di lokasi PLP II.

Kata kunci: Persepsi Tenaga Kependidikan, Kemampuan Mahasiswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 14 Oct 2025 07:04
Last Modified: 14 Oct 2025 07:04
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11583

Actions (login required)

View Item
View Item