Antika, Windi (2025) ANALISIS TATA KELOLA TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN MESJID JAMI TUA KOTA PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Windi Antika]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
21 02060 119 WINDI ANTIKA.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan, menganalisis, dan mendeskripsikan bagaimana tata Kelola yang diterapkan serta bagaimana peluang dan tantangan terhadap tata kelola tersebut.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan, wawancara mendalam dengan pembina dan kepala Taman Pendidikan al-Qur’an, serta dokumentasi terhadap kebijakan dan program Taman Pendidikan al-Qur’an
terkait tata kelola. Data yang terkumpul dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, guna memperoleh temuan yang akurat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata kelola Taman Pendidikan al-Qur’an mencakup lima aspek utama, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan,
pengawasan, dan evaluasi. Perencanaan dilakukan secara musyawarah oleh pengelola, pengorganisasian melibatkan struktur lembaga yang terarah, pelaksanaan berjalan sesuai kurikulum dan kebutuhan peserta didik, pengawasan
dilakukan secara berkelanjutan oleh kepala Taman Pendidikan al-Qur’an, serta evaluasi diterapkan secara berkala untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Selain
itu, Taman Pendidikan al-Qur’an memiliki peluang besar di bidang sosial, pendidikan, ekonomi, dan dakwah. Peluang ini terlihat dari tingginya antusiasme masyarakat, dukungan donasi, serta peran strategis Taman Pendidikan al-Qur’an
dalam membina karakter dan nilai keislaman sejak dini. Namun demikian, Taman Pendidikan al-Qur’an juga menghadapi tantangan, baik internal seperti keterbatasan tenaga pengajar dan fasilitas, maupun eksternal seperti rendahnya partisipasi orang tua, keterbatasan teknologi, serta perubahan sosial budaya yang berdampak pada semangat belajar anak.
Kata Kunci: Tata Kelola, Taman Pendidikan al-Qur’an, Pendidikan Islam, Peluang, Tantangan, Masjid Jami’ Tua Kota Palopo.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 07:49 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 07:49 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11586 |