Rahmawati, Rahmawati (2025) PERENCANAAN IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI SD NEGERI 25 SABBAMPARU PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Rahmawati]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
21 0206 0072 RAHMAWATI.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini membahas perencanaan implementasi program Sekolah Penggerak di SD Negeri 25 Sabbamparu Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program Sekolah Penggerak di SD Negeri 25 Sabbamparu. Dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini berusaha menggali secara mendalam proses penerapan program serta pengaruhnya terhadap peningkatan mutu pendidikan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah. Penelitian yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu
redukasi data, display data, pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Negeri 25 Sabbamparu telah mengalami perkembangan yang signifikan dalam pelaksanaan program Sekolah Penggerak dengan pendekatan
pendampingan konsultatif dan asimetris yang memungkinkan guru untuk memberikan dukungan yang lebih efektif kepada siswa. Sekolah telah mengimplementasikan pendekatan pembelajaran paradigma baru yang menekankan diferensiasi dan pemahaman terhadap kebutuhan individu siswa.
Sekolah juga telah memanfaatkan sistem dapodik dan rapor pendidikan untuk perencanaan berbasis data dan meningkatkan kualitas pendidikan. Perencanaan implementasi program diawali dengan penyusunan visi dan misi sekolah berdasarkan hasil analisis terhadap lingkungan belajar. Pelaksanan program dilakukan oleh komisi belajar yang bertugas menyusun, menjadwalkan, dan memantau kegiatan pelatihan guru. Kepala sekolah rutin untuk menilai dampak program terhadap capaian belajar siswa. Keberhasilan program ini tidak lepas dari dedikasi para guru dan staf, manajemen sekolah yang terstruktur, serta sinergi
yang kuat antara pihak sekolah, pemerintah pusat dan daerah, serta para fasilitator. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa implementasi program sekolah penggerak dapat meningkatkan kualitas pendidikan jika dilakukan dengan
pendekatan yang tepat dan sinergi yang kuat antara berbagai pihak.
Kata Kunci: Perencanaan, Sekolah Penggerak
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 06:46 |
Last Modified: | 15 Oct 2025 06:46 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11590 |