Saputra, Muh.Effendy (2025) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP NEGERI 3 PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Muh.Effendy Saputra]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
21 0206 0092 MUH. EFFENDY SAPUTRA.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini membahas strategi kepala sekolah dalam membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 3 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan, menganalisis, dan mendeskripsikan strategi kepala sekolah, upaya optimalisasi, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter Profil Pelajar Pancasila. Dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini berusaha menggali secara mendalam bagaimana strategi tersebut diimplementasikan dan tantangan yang dihadapi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dan guru. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah meliputi peningkatan kualitas pengajaran dan pembelajaran melalui pelatihan guru dan kurikulum terintegrasi serta peningkatan komunikasi dengan orang tua melalui berbagai platform. Optimalisasi strategi dilakukan dengan mengembangkan dimensi beriman dan berkebinekaan global, bergotong royong dan mandiri, serta bernalar kritis dan kreatif. Faktor pendukung utama adalah partisipasi aktif guru dalam pengembangan kurikulum, sementara faktor penghambat meliputi keterbatasan infrastruktur, fasilitas digital, serta sumber daya dan teknologi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komprehensif diperlukan untuk mengatasi tantangan dan mengoptimalkan pembentukan karakter Profil Pelajar Pancasila.
Kata Kunci: Strategi, Kepala Sekolah, Profil Pelajar Pancasila
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.12 Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 07:55 |
Last Modified: | 15 Oct 2025 07:55 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11592 |