Hasanah, Andi Uswatun (2025) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SALAT BAGI SISWA TUNARUNGU DI UPT SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI 1 PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Andi Uswatun Hasanah]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
21 0201 0092 Andi Uswatun Hasanah.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang strategi guru dalam meningkatkan pemahaman materi salat bagi siswa tunarungu di UPT Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri 1 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pemahaman materi salat bagi siswa tunarungu di UPT Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri 1 Palopo, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhinya. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di UPT Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri 1 Palopo pada bulan Mei-Juni 2025. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Data dikumpulkan melalui observasi langsung di kelas, wawancara dengan guru dan kepala sekolah, serta dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode, selanjutnya analisis data yang
digunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi pembelajaran demonstrasi seperti pengaturan ruang dan waktu belajar, penggunaan media visual dan gambar, serta pendekatan individual. Strategi ini disesuaikan dengan karakteristik siswa tunarungu yang memiliki keterbatasan dalam mendengar dan berkomunikasi verbal. Selain itu, ditemukan pula beberapa faktor yang memengaruhi pemahaman siswa yaitu: (1) faktor dari dalam diri siswa (minat belajar, konsentrasi, kesiapan fisik dan psikologis); (2) faktor guru dan metode mengajar, media pembelajaran, lingkungan belajar yang kondusif, serta dukungan keluarga di rumah. Strategi yang tepat dan dukungan dari berbagai pihak, pemahaman siswa tunarungu terhadap materi salat dapat meningkat, bahkan sebagian sudah mampu melaksanakan gerakan salat dengan urutan yang benar secara mandiri.
Kata Kunci: Strategi, Pemahaman Siswa Tunarungu, Sekolah Dasar Luar Biasa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 01:56 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 01:56 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11604 |