Hisban, Ainun Nabilah (2025) PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PESANTREN MODERN DATOK SULAIMAN BAGIAN PUTRI PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Ainun Nabilah Hisban]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2002010001 AINUN NABILAH HISBAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengamalan nilai-nilai moderasi beragama, sistem pengajaran, peluang dan tantangan pendidikan moderasi beragama pada para santriwati di SMA Pesantren Modern Datok Sulaiman Bagian Putri Palopo. Metodologi yang digunakan, penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data, ada dua macam, yaitu data primer dan data sekunder. Perolehan data ini dilakukan dengan cara observasi, interview. Instrumen penelitian: Pedoman wawancara, buku catatan dan alat tulis. Teknik pengumpulan data: Observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data:
triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Teknik analisis data: Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pengamalan nilai-nilai moderasi beragama santriwati SMA PMDS Palopo meliputi sembilan indikator moderasi beragama, walaupun belum terlaksana secara maksimal, yaitu: Tawassuth (Pertengahan), I’tidal (Tegak Lurus), Tasamuh (Toleransi), Syura’ (Musyawarah), Islah (Reformatif), Qudwah (Kepeloporan), Muwathanah (Kewargaan), Al la (Anti Kekerasan), I’tiraf al-‘Urf (Ramah Budaya). Sistem atau strategi pendidikan dan pengajaran dalam penerapan nilai-nilai Moderasi Beragama menggunakan 3 bentuk yaitu : Sistem Madrasy (Persekolahan), Sistem Kepesantrenan (Pondokan) dan Hidden Curriculum (Kurikulum tersembunyi). Adapun peluang dalam penerapan nilai-nilai moderasi beragama di SMA PMDS Palopo adalah: a). Peningkatan kesadaran dan pemahaman warga pondok tentang pentingnya moderasi beragama. b). Pondok pesantren adalah wadah yang paling memungkinkan untuk membangun karakter yang moderat. c). Hubungan yang baik antara pondok dengan masyarakat. Adapun tantangan dalam penanaman nilai-nilai moderasi beragama di SMA PMDS, antara lain: a). Keterbatasan sumber daya. b). Masih ada warga pondok kurang memahami pentingnya moderasi beragama. c). Keterbatasan waktu dan kurikulum.
Kata Kunci : Pendidikan, Moderasi Beragama, SMA PMDS Palopo.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 02:14 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 02:14 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11605 |